Beragam Manfaat Daun Pare bagi Kesehatan

Manfaat Daun Pare
Pare merupakan sayuran yang cukup populer di beberapa negara Asia. Meskipun rasanya sangat pahit, namun ada banyak sekali manfaat kesehatan dari tanaman ini khususnya untuk menurunkan glukosa darah pada penderita diabetes. Pengolahan pare pun saat ini telah menghasilkan beragam produk seperti digunakan sebagai teh (dari daun pare),  jus pare, ekstrak pare dan pil pare. Selama ini memang pare hanya dimanfaatkan buahnya saja sementara manfaat daun pare untuk kesehatan belum banyak yang meneliti. Dari beberapa penelitian yang telah dilakukan, baik buah maupun daun pare ternyata memiliki kandungan yang hampir serupa.

Kandungan Daun Pare

Buah pare dan daun pare diketahui mengandung beberapa vitamin, termasuk vitamin A dan C dan vitamin B kompleks. Juga mengandung sejumlah senyawa dengan aktivitas biologis alami, termasuk alkaloid, glikosida dan triterpenoid. Tak ketinggalan asam linoleat, asam lemak omega-6 dan asam oleat. Senyawa yang disebut vicine, charantin dan polipeptida-P juga ditemukan.

Biasanya daun pare dimanfaatkan dengan dibuat seduhan teh. Anda dapat membuat teh daun pare dengan memasukkan daun pare kering dalam air mendidih selama 5 sampai 10 menit atau dengan menambahkan ekstrak daun pare dalam air panas. Salah satu manfaat daun pare adalah untuk meredakan kesakitan akibat penyakit wasir. Untuk itu campurkan tiga sendok teh jus dari daun pare dengan segelas buttermilk. Minum ramuan ini setiap pagi pada saat perut kosong selama sebulan dan lihat membaiknya penyakit wasir yang Anda derita. Untuk mempercepat penyembuhan anda dapat juga menggunakan pasta akar tanaman pare untuk dibalurkan pada bagian wasir yang sakit.

Manfaat daun pare dalam menurunkan tingkat gula darah penderita diabetes hampir sama dengan manfaat buahnya. Terlepas dari bagaimana daun pare itu dikonsumsi apakah direbus kemudian diminum, dalam bentuk teh, kapsul atau tablet. Namun penderita diabetes harus berkonsultasi lebih dahulu dengan dokter sebelum mengganti obat-obatan diabetes mereka dengan mengkonsumsi teh daun pare, kapsul atau tablet pare.

Berikut adalah rangkuman manfaat daun pare bagi kesehatan dan kecantikan :

  1. Daun pare digunakan sebagai astringent untuk mengobati wasir.
  2. Jus daun pare digunakan untuk mengobati masalah kulit: seperti eksim, jerawat, psoriasis, kusta dan kudis.
  3. Daun pare yang ditumbuk digunakan untuk mengobati luka bakar dan melepuh.
  4. Daun pare juga dapat digunakan untuk mengobati demam
  5. Bermanfaat mengatasi berbagai masalah perut dan meningkatkan nafsu makan
  6. Tapal daun pare dapat digunakan untuk mengobati sakit kepala
  7. Rebusan daun pare bisa digunakan sebagai obat kumur untuk mengobati sakit gigi dan masalah mulut lainnya.