Segudang Manfaat Daun Sukun bagi Kesehatan

Sukun merupakan salah satu makanan alternatif pengganti nasi yang mengandung karbohidrat dalam jumlah yang relatif tinggi. Sebenarnya dari tanaman sukun bukan hanya buahnya saja yang bisa dimanfaatkan. Manfaat daun sukun ternyata cukup populer di dunia kesehatan tradisional. Meskipun beberapa ahli medis masih ragu tentang kegunaannya tetapi masyarakat percaya jika daun ini memiliki manfaat sebagai obat untuk penyakit hati, jantung dan ginjal. Daun ini diyakini mengandung beberapa zat yang bermanfaat bagi tubuh seperti asam hidrosianat, asetilcolin, tanin, riboflavin, dan lain-lain . Diketahui daun sukun ini juga memiliki manfaat anti inflamasi atau mengatasi peradangan.


Daun sukun berbentuk besar dengan lebar bisa mencapai 40 x 60 cm, menyirip dan agak keras dan tidak mudah sobek dan bagian luar berwarna hijau tua. Sementara daun di bagian dalam berwarna hijau kusam dengan tekstur kasar. Awalnya daun sukun hanya digunakan sebagai pakan ternak. Namun beberapa studi akhir akhir ini menemukan bahwa daun sukun juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan manusia. Salah satu manfaat daun sukun adalah sebagai obat untuk gangguan ginjal yang Anda derita. Dari rebusan daun sukun yang diminum secara teratur dapat mengembalikan fungsi ginjal sehingga rutinitas sehari-hari anda masih bisa berjalan dengan normal. Untuk itu direkomendasikan meminum ramuan rebusan daun sukun setiap hari. Gunakan daun sukun yang telah kering.

Selain dapat mengatasi gangguan ginjal, manfaat daun sukun juga dapat menurunkan kolesterol dalam tubuh. Kolesterol telah menjadi salah satu masalah kesehatan yang disebabkan oleh gaya hidup yang tidak sehat. Caranya adalah dengan mencampur daun sukun dan dua sendok teh bangle. Selanjutnya kedua bahan tadi direbus dan diminum. Bila ramuan tadi terasa pahit di lidah anda bisa mencampurnya dengan madu atau gula batu.

Sedangkan jika Anda ingin mengatasi masalah asam urat, anda pun bisa menyeduh daun sukun kering. Sama seperti dalam pengobatan gangguan ginjal dan penyakit kolesterol, anda pun dapat mencampur air rebusan daun sukun dengan gula batu atau madu secukupnya untuk mengurangi rasa pahit. Perlu dicatat selama pengobatan menggunakan daun sukun rebus, kita harus menghindari mengkonsumsi daun bayam, daun singkong, kangkung, jeroan, dan daging merah karena dapat meningkatkan kekentalan darah sehingga pembuluh darah menjadi menyempit.

Cara mendapatkan manfaat daun sukun sangat mudah, ambil beberapa daun sukun, pilih yang tua kemudian direbus dengan air sampai air berubah menjadi warna kuning keemasan seperti teh. Rebusan air daun sukun dapat diminum langsung tanpa rasa dan tidak berbau. Anda pun dapat menambahkan gula secukupnya agar lebih nikmat. Atau bila anda tak mau repot, anda bisa mengeringkannya lebih dahulu untuk sediaan beberapa minggu ke depan. Caranya ambil daun sukun yang diperkirakan cukup untuk dua minggu ke depan. Cuci bersih dan rajang rajang dengan ukuran kecil. Setelah itu jemur dibawah terik matahari sampai kering. Tandanya daun sukun itu mudah untuk dipatahkan. Simpan dalam wadah plastik bersih. Bila anda membutuhkan maka anda tinggalmengambil sejumput daun sukun kering tadi dan seduh layaknya orang membuat teh. Anda bisa minum kapan saja, atau ketika waktu minum teh dipagi hari. Memang dibutuhkan disiplin dan kesabaran karena harus dilakukan secara rutin dan dalam jangka panjang. Sebaiknya dipilih daun sukun yang tua karena daun sukun tua mengandung zat-zat penting dengan jumlah yang optimal.